Lowongan Kerja Online

Tuesday, July 22, 2014

Tips Membeli Tablet Murah Berkualitas



Tips Membeli Tablet Murah Berkualitas – Lagi nyari tablet yang murah tapi tidak murahan dengan spesifikasi dan kualitas tablet ok. Kalau pengennya si beli tablet yang udah punya merek kaya Samsung, Sony, LG, HTC, Lenovo, atau merek lainnya. Kalau masalah harga jadi halangan, tablet produksi dalam negeri mungkin bisa jadi solusi.

Sebelum memutuskan memilih tablet apa, berikut beberapa Tips Membeli Tablet Murah Berkualitas .


Sebelum Memilih Tablet


Jangan Terlalu Ngotot dengan Merek

Merek yang sudah terkenal sering kali lebih mahal karena biaya promosi dan nilai prestise merek. Jika Anda lebih cermat, ada pula tablet yang lebih murah dengan spesifikasi yang sama namun memiliki kualitas yang tidak akan mengecewakan.


Apa Kebutuhan Anda?

Sebelum memutuskan untuk membeli tablet, baiknya Anda membuat list fitur apa saja yang perlu ada pada tablet yang akan Anda beli. Jika lebih banyak untuk dokumentasi, cari tablet dengan fitur kamera yang mumpuni.

Jika untuk bermain game, pilih tablet yang mendukung gaming seperti resolusi layar, prosesor, memori, tidak mudah panas, multitouch dll.


Saat Memilih Tablet


Sistem Operasi Android Bawaan

Ada baiknya Anda mencari tahu dahulu OS Android terbaru sebelum mengecek OS Android bawaan dari tablet. Pastikan tablet yang Anda pilih disematkan OS Android terbaru. Karena akan banyak sekali aplikasi dan fitur android yang hanya bisa optimal dengan sistem android terbaru.

Perhatikan pula apakah tablet yang Anda pilih memiliki fitur upgrade OS Android agar Anda dapat menikmati fitur-fitur terupdate dari Android market.

Kualitas Layar

Pilih minimal kualitas layar capacitive display.  Teknologi capacitive adalah pondasi dasar sensitivitas layar ketika disentuh. Dibawah fitur capacitive display, tablet akan terasa lemot saat merespon sentuhan.

Bagi Anda yang berencana membeli tablet ukuran 7 inchi ke atas, baiknya memilih resolusi 1.024 x 768 ke atas untuk tampilan gambar yang lebih jelas. Tablet dengan resolusi 800 x 480 saat ini sudah kurang nyaman untuk mata meskipun pada layar yang lebih kecil.

Kekuatan Performa

Sebaiknya tidak membeli tablet dengan kecepatan prosesor (CPU) di bawah 1 GHz. Hal ini untuk antisipasi kebutuhan prosesor yang cukup besar saat menjalankan program yang berat misalnya untuk bermain Game HD, Multimedia atau aplikasi multitasking.

RAM minimal 1 GB agar bisa berjalan di OS Android Ice Cream Sandwich ke atas. Meski RAM 512 MB sudah cukup bagus untuk android Jelly Bean, namun banyak pengguna Android senang menginstal aplikasi menyebabkan tablet terasa lemot karena membebani RAM. Apalagi bagi Anda yang senang bermain Game HD kebutuhan RAM lebih besar lagi

Sebaiknya kapasitas memori Internal minimal 4 GB. Biasanya OS Android telah memakai memori internal lebih dari 1 GB sehingga space ruang yang tersisa untuk aplikasi menjadi sangat sedikit. Belum lagi space untuk file-file dan dokumen Anda.

Konektivitas

Banyak tablet di pasaran menghilangkan fitur koneksi 3G dan hanya mengandalkan WiFi demi harga yang lebih murah. Sebaiknya Anda memikirkan hal ini apakah akan bergantung selamanya pada jaringan hotspot atau leluasa dengan jaringan 3G operator.

Baterai

Karena sifat Android yang multitasking, Android sering kali boros batrai. Sebaiknya memilih Android yang memiliki kapasitas baterai minimal 2000 mAh agar Anda bisa memakai tablet lebih lama.

Lainnya

Pertimbangan pula pendukung lainnya seperti berat, desain, warna , ketebalan body dan lain-lain, agar Anda meresa nyaman saat menggunakannya.


Saat akan membeli tablet


Rekomendasi, Rating dan Review

Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya Anda meminta rekomendasi keluarga, teman atau forum-forum online akan tablet yang akan Anda beli. Anda juga dapat melihat rating tablet di situs-situs online yang diberikan oleh pembeli. Atau membaca review tablet dari para pengguna tablet dan situs-situs online.

Garansi Tablet

Bahkan produk dengan merek terkenal pun, saat Anda kurang beruntung, Anda bisa saja mendapatkan cacat produk. Jadi sebaiknya perhatikan garansi yang diberikan dan cari tahu tentang proses klain garansinya.

Dengan garansi juga, Anda tak perlu khawatir saat membeli tablet murah jika terjadi hal-hal teknis yang tidak bisa Anda tangani.

Proses dan Biaya Pengiriman

Jika Anda berencana membeli secara online, selain harga tablet, perhitungkan pula proses dan biaya pengiriman. Jangan sampai karena biaya pengiriman, biaya yang dikeluarkan jadi sama mahalnya dengan harga tablet di toko tetangga.

Beberapa toko online besar seperti Lazada.co.id menawarkan COD atau barang bisa dibayar ditempat dan bebas ongkos kirim.


Sekian Tips Membeli Tablet Murah Berkualitas , semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment